Elzatta Salah Satu Pioneer Busana Muslimah Yang Terus Eksis di Bisnis Fashion Hijab


Elzatta Pioneer Busana Muslimah Yang  Eksis di Bisnis Fashion Hijab - Kira-kira satu dekade lalu, gaya berbusana muslimah khususnya pemakaian hijab belum seberagam saat ini. Model kerudung yang ada ketika itu pun cenderung masih monoton. Namun, berbeda dengan kondisi dua hingga tiga tahun belakangan ini. Tren hijab semakin berkembang dengan pesat dengan model-model dan desain kekinian. Tentu ini sangat membuka peluang bisnis baru di bidang busana. Kesempatan sangat terbuka untuk mengembangkan usaha atau bisnis di bidang busana muslim.
Elzatta Salah Satu Pioneer Busana Muslimah
Elidawati Elzatta


  Seperti yang kita lihat sekarang, namyak Desainer khusus busana muslimah dan rumah-rumah mode muslimah yang bermunculan di mana-mana. Mereka yang tampil mulai dari pendatang baru hingga senior turut mrnggeluti bidang ini.  Tentu saja ini berdampak positif bagi tumbuhnya ekonomi di masrarakat. Yang paling nampak adalah kemunculan brand-brand busana muslim baru.
Elzatta Salah Satu Pioneer Busana Muslimah
Elzatta Salah Satu Pioneer Busana Muslimah
   Salah satu di antara nama-nama dan brand yang meramaikan dunia busana muslimah ini adalah Elidawati. Dia pemilik brand Elzatta Hijab sebagai salah satu yang terus eksis mulai dari dua dekade lalu  di dunia bisnis busana muslimah. Elzatta Hijab dibidani oleh ibu-ibu ini yang sudah lama berkecimpung di fashion hijab sejak dua puluhan tahun silam. Sebelum brand-brand hijab marak seperti saat ini, Elidawati dibilang sebagai sang pionir di bisnis busana muslim yamng telah dirintis mulai dari tahun 1989 silam.
Elzatta Salah Satu Pioneer Busana Muslimah
   Tonggak karir Elidawati di industri busana muslim dan hijab telah dimulai sejak Elidawati aktif sebagai remaja di Masjid Salman di lingjungan Institut Teknologi Bandung ( ITB ). Disebutkan bahwa ketika itu busana muslimah berhijab belum seperti sekarang.  "Dulu yang pakai hijab hanya kalangan tertentu, ibu-ibu pejabat banyaknya," ujar wanita itu kepada Wolipop.detik.com di kantor Elzatta Pondok Kelapa, Jakarta Timur.
Elzatta Salah Satu Pioneer Busana Muslimah
  Bersama rekan di Masjid Salman, Fenny Mustafa yang memiliki ide ingin membuat brand muslimah dengan produk yang lebih kekinian dan fashionable. Fenny bekerja sama dengan mbak El, agar membantunya dalam mengembangkan brand nya tersebut. El yang sebenarnya tidak faham dengan dunia fashion, pada awalnya sempat ragu untuk ikut terjun di bisnis busana muslim yang terbilang baru baginya. Namun akhirnya wanita lulusan Pendidikan Sejarah Universitas Padjajaran (UNPAD) itu mau bergabung bersama ikut mengembangkan brand hijab.
   Perkembangannya kemudian Fenny meminta El untuk membuka toko baru demi memperluas bisnis. Dipilihlah  untuk membuka toko busana muslim di Jakarta. Pada awalnya toko di Jakarta tersebut sekaligus sebagai rumah untuk tinggal Elidawati bersama suaminya. Tokonya tidak terlalu luas dengan bentuk seperti rumah biasa yang dijadikan toko busana muslimah.
   Pada awal usahanya, di era 90-an masih terbilang sulit untuk mengenalkan dan memasarkan hijab dan busana muslim kepada masyarakat. Pemasaranya dimulai dari orang-orang tertentu saja yang telah menggunakan jilbab saaat itu. Hijab pun masih terasa asing dan dipandang sebelah mata,  ada kesan tua jika berhijab pada zaman itu.
Elzatta Salah Satu Pioneer Busana Muslimah
   Seiring berjalannya sang waktu, maka pada tahun 2012 Elidawati memutuskan hengkang dari pekerjaannya. Kemudian Ia membentuk brand hijab sendiri yang diberi nama Elzatta Hijab. Usaha barunya itu benar-benar serius terbukti  ada PT Zatta Mulya sebagai naungannya.  Elzatta dirintis denagn mempekerjakan  17 orang pekerja. Dan perkembangannya kini karyawannya sudah lebih dari 500 orang.
   Pada awal usahanya di enam bulan pertama, wanita itu tidak menyangka bahwa produknya menjadi semakin dikenal luas di masyarakat. Ini sebagai hasil dari strategi bisnisnya denganmalakukan promosi yang tepat agar semakin dikenal banyak orang.  Promosinya dimulai dengan mensponsori sinetron 'Tukang Bubur Naik Haji'. Dari situlah, produk Elzatta semakin populer dan banyak mitra baru yang bergabung dengan membuka toko.
   Kini, Elzatta telah sukses  salah satu pioner busana muslim Indonesia. Kesuksesannya dapat dilihat ratusan toko sebagai outlet resminya. Elzatta adalah sebagai produsen busana yang fokus pada kerudung atau jilbab. Material atau bahan produksimya diimport di Turki, dengan karakter motif dan warna cerah bahannya nyaman dipakai, lembut dan glossy. 70 persen produknya adalah hijab, namun ada juga koleksi busana muslim sebesar 30 persen. Harga produk dijual Elzatta masih sangat terjangkau sesuai dengan kualitas produknya. Harga berkisar antara Rp 60 ribuan hinggai Rp 150 ribuan.
  Demikian, ulasan singkat mengenai produsen kerudung yang sangat popiuler yaitu Elzatta. Produknya sudah banyak dikenal luas di masyarakat termasuk Anda. Semoga ulasan ini bermanfaat dan semakin menambah wawasan Anda akan produk-produk busana muslim di Indonesia.

0 komentar